Phone:  (021)-291 208 25 / 27
Home    Berita Sosial    Melawan Hoax Ala Rachmawati Dzaelani

Melawan Hoax Ala Rachmawati Dzaelani

Sudah menjadi rahasia umum apabila hoax alias berita sesat kini semakin meraja. Pada awal 2017, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) sempat merilis hasil survei yang menunjukkan bahwa media sosial menjadi sumber utama peredaran hoax.

Menurut Mastel, hoax sengaja dibuat untuk memengaruhi opini publik. Hoax pun kian dirangsang oleh kepentingan politik dan SARA.

Artinya, kini media sosial lebih banyak digunakan untuk kepentingan negatif. Kondisi ini membuat miris hati Rachmawati Dzaelani, Founder & CEO IT Cermat.

Wanita yang bergiat di bidang bisnis IT dan kegiatan sosial ini pun tergerak untuk memberikan edukasi pada masyarakat. Tujuannya, agar masyarakat bisa menggunakan internet atau media sosial secara sehat, cerdas dan produktif.

Melalui wadah IT Cermat yang didirikannya pada 2015, berbagai pelatihan pun telah dilakukan Rachmawati sejak tiga tahun lalu. Yang terbaru, IT Cermat mengadakan dua kali pelatihan pada pekan lalu.

Pelatihan pertama dilakukan pada Rabu (14/2) di Graha IT Cermat. Bertema “Emak-Emak Jago Jualan” (UMKM Digital), IT Cermat menggelar seminar dan workshop yang bertujuan agar masyarakat bisa menggunakan internet dan media sosial untuk berbisnis.

IT Cermat menginginkan masyarakat semakin menyadari bahwa media sosial bisa dimanfaatkan untuk berbisnis, yang tentu lebih positif sekaligus menguntungkan dibandingkan menebar hoax atau fitnah.

Sedangkan pelatihan kedua dilaksanakan pada Jumat (16/2) di tempat sama. Bertema “Terampil Menjadi Youtuber di Media Sosial”, kegiatan ini digelar sebagai bagian upaya IT Cermat menularkan ilmu positif pada masyarakat untuk mengungkapkan kreativitasnya di Youtube.

“Jadi, kami berharap dengan menggelar berbagai kegiatan ini, masyarakat semakin terbuka matanya, bahwa banyak hal positif yang bisa kita lakukan di internet dan media sosial daripada menebar hoax,” kata Rachmawati, yang juga relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) ini.

Tak lupa, di setiap pelatihan yang digelar, IT Cermat turut menyertakan materi terkait hoax. Para relawan Mafindo didaulat untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang hoax kepada para peserta kegiatan. Hal ini bertujuan agar masyarakat semakin menjauhi hoax, dan beralih pada pemanfaatan internet secara sehat, cerdas dan produktif, sebagaimana pelatihan yang diberikan tim IT Cermat.

Leave a reply

STILL NOT SURE WHAT TO DO?

We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.

Form is not available. Please visit our contact page.
X
CONTACT US