Phone:  (021)-291 208 25 / 27
Home    TipsCERMAT    Menghasilkan Foto Produk Ciamik Bermodal Ponsel

Menghasilkan Foto Produk Ciamik Bermodal Ponsel

By / April 5, 2018 / /

Sahabat IT CERMAT, salah satu daya tarik dari sebuah online shop adalah pemilihan foto produk yang tepat. Foto produk haruslah eye-catching dan menampilkan semua kelebihan dari produk tersebut. Namun, tidak semua orang mengerti cara menghasilkan foto produk yang menarik. Akhirnya sebagian besar dari mereka menyerahkan urusan ini kepada fotografer profesional yang tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Padahal, sahabat juga bisa menghasilkan foto produk yang kualitasnya sama seperti hasil jepretan fotografer profesional dengan menggunakan kamera ponsel yang sahabat punya. Kamu hanya tinggal mengikuti tips dan trik di bawah ini.

    1. Membuat background foto
    2. membuat mini studio foto produk
      Sumber : detikgadget.com

      Tidak perlu lagi menyewa studio foto khusus untuk memotret produk, kamu juga bisa membuat “studio foto mini” di rumah. Kamu hanya memerlukan kertas HVS atau karton putih, selotip, meja, dinding, atau bisa juga dengan menggunakan laptop yang dibuka. Untuk background foto sebaiknya polos dan berwarna netral seperti putih. Background warna putih akan memberikan kesan cerah dan menonjolkan detail dari produk. Kamu juga bisa menambahkan kertas HVS di sisi kiri dan kanan untuk pencahayaan tambahan dan mencegah hasil foto berbayang.

    3. 2. Menggunakan model sebagai gambaran bagi calon pembeli (jika produk yang dijual adalah fashion/aksesoris)
      model foto produk pakaian
      Sumber : Bitebrands.co

      Untuk sahabat yang berbisnis online di bidang fashion, penggunaan model untuk pengambilan foto produk merupakan suatu kewajiban. Calon pembeli akan langsung mengetahui gambaran produk kita saat dipakai. Selain itu, model juga merupakan daya tarik tersendiri dalam sebuah foto produk fashion. Tidak perlu mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk menyewa seorang model profesional, cukup minta bantuan teman atau sahabatmu yang kamu rasa mempunyai penampilan menarik dan sesuai dengan produk yang akan kamu pasarkan.

    4. 3. Pencahayaan

      pencahayaan foto produk
      Sumber : PxHere

Pencahayaan menjadi penentu utama kualitas foto produk yang diambil. Karena kamera ponsel belum sesensitif kamera DSLR, maka cahaya untuk pemotretan harus benar-benar terang. Untuk hasil foto yang maksimal, manfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari, bisa dari jendela maupun pintu yang terbuka.

4. Tentukan tema foto

Tema foto keseluruhan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang keren. Pastikan kamu sudah menentukan tema foto sebelumnya. Setelah menentukan tema, olah kembali ide tersebut untuk melihat kecocokan dengan produk yang akan dijual dan apakah tema dan hasil akhirnya fotonya sudah relevan dengan apa yang akan disampaikan dan ditampilkan di Instagram. Jika tema sudah “matang”, maka kamu tinggal menyiapkan properti sesuai temanya. Gunakan properti atau aksesoris seperlunya agar tetap menunjukkan ciri khas produk yang ditampilkan.

5. Atur konfigurasi/pengaturan kamera ponselmu semaksimal mungkin.

pengaturan kamera ponsel untuk foto produk
Sumber : infokomputer.grid.id

Aturlah kamera ponselmu agar bekerja pada pengaturan terbaiknya seperti resolusi tertinggi, ISO yang tepat, white balance yang sesuai dan lain sebagainya. Setiap HP memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Jadi sesuaikan dengan kamera ponsel yang kamu miliki.

6. Ambil foto dari berbagai angle/sudut potret.

ilustrasi sudut pemotretan
Sumber : Snapshot Canon-Asia

Sudut potret/angle sangat mempengaruhi hasil fotomu. Jenis produk juga membedakan sudut pengambilan foto yang tepat. Kamu juga bisa mengambil beberapa foto produk dengan angle yang berbeda untuk lebih menunjukkan detail produk.

7. Hindari melakukan zoom dengan kamera ponsel.

Gambar terkait

Karena akan menurunkan kualitas foto yang dihasilkan. Lebih baik dekatkan kamera ponsel dengan objek yang akan difoto agar keseluruhan ohjek foto bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Jangan lupa memberi space/ruang kosong di atas, bawah, kiri, dan kanan foto untuk mengantisipasi jika hasil foto akan dicrop setelahnya.

8. Posisikan tangan agar nyaman dan tidak gemetar saat mengambil foto.

Usahakan tangan tetap tenang dan tidak gemetar saat memotret agar hasil foto lebih bagus dan mencegah hasil foto menjadi kabur. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran tangan, misalnya pohon atau tembok agar lebih membantu.

9. Percantik hasil fotomu dengan menggunakan aplikasi editing yang tersedia di ponsel.

edit seperlunya aja
Mengedit foto produk. Sumber : http://www.handdriati.com

Edit secukupnya agar tidak menghilangkan keaslian produk yang ditampilkan.

foto produk dengan watermark
Contoh watermark. Sumber : Bursadesain.com

10. Tambahkan tanda air/watermark pada foto tersebut agar tidak dipakai oleh orang lain tanpa izin

Watermark berfungsi untuk menandai sumber foto atau milik siapa foto tersebut. Tambahkan watermark pada semua foto produk yang terpajang di etalase online shop-mu. Perhatikan juga tata letak watermark yang baik. Taruhlah watermark di sekitar bagian tengah dari foto. Usahakan mengatur tingkat transparansi watermark agar tidak menutupi produk aslinya.

Demikian tips dan trik dari kami untuk menghasilkan foto produk yang ciamik hanya dengan bermodal kamera ponsel kamu.

Bagaimana, sahabat IT CERMAT? Sudah berani memulai berbisnis secara online?

(Sumber artikel : hipwee.com dengan sedikit perubahan.)

Leave a reply

STILL NOT SURE WHAT TO DO?

We are glad that you preferred to contact us. Please fill our short form and one of our friendly team members will contact you back.

Form is not available. Please visit our contact page.
X
CONTACT US