Phone:  (021)-291 208 25 / 27
Home    Berita Sosial    Jembatan Panus Tak Lagi Gelap Gulita

Jembatan Panus Tak Lagi Gelap Gulita

By / August 7, 2018 / /

Kesan angker di Jembatan Panus, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok mulai menghilang, Hal itu karena lampu penerangan jalan umum (PJU) di ‘mulut’ jembatan tersebut yang sudah menyala sejak Senin (6/8). Sebelumnya, lampu PJU tersebut tak menyala dan menyebabkan jembatan Panus gelap gulita di malam hari.

Terangnya kembali lampu PJU jembatan Panus tak terlepas dari peranan Ketua DPRD Hendrik Tangke Allo dan Founder dan CEO IT Cermat Rahmawati dZaelani. Kedua tokoh ini memohon pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok untuk mengupayakan terangnya kembali jembatan tersebut.

Dan upaya kedua tokoh tersebut merupakan buah dari masukan yang disampaikan Depok Community (D’Comm), sebuah komunitas yang peduli pada jembatan Panus sebagai situs bersejarah.

“Kami memohon pada Dishub untuk menerangkan kembali lampu PJU di jembatan tersebut, karena sangat tidak layak jembatan yang juga situs bersejarah itu gelap gulita,” kata Hendrik.

Sedangkan Rahmawati mengatakan, sudah seharusnya Pemkot memperhatikan kondisi jembatan Panus sebagai sebuah situs bersejarah peninggalan era kolonial Belanda. Membiarkan jembatan itu diliputi kegelapan di malam hari sebagaimana yang terjadi selama ini adalah kelalaian.

“Dan bukan hanya jembatan Panus, sudah seharusnya Pemkot juga membenahi kondisi situs-situs bersejarah lainnya di Kota Depok, seperti Rumah Tua Cimanggis,” ujar Rahmawati.

D’Comm pun menyambut gembira terangnya kembali PJU di jembatan itu. Kedepannya, D’Comm akan terus berjuang agar Pemkot semakin serius merawat jembatan ini.

“Kami juga mendorong agar informasi yang edukatif tentang jembatan ini disebar luaskan, khususnya pada generasi muda,” ujar Whisnu Ardhana dari D’Comm.

Jembatan Panus dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1917. Jembatan itu dirancang Andre Laurens, seorang arsitek dari marga Laurens yang merupakan salah satu dari 12 marga bekas budak Cornelis Chastelein. Adapun nama Panus merujuk pada nama mandor proyek jembatan itu saat dibangun, yakni Stephanus Leander.

Leave a reply