Phone:  (021)-291 208 25 / 27
Home    Berita Sosial    IT CERMAT : Gunakan Media Sosial Untuk Jaga Kebhinekaan

IT CERMAT : Gunakan Media Sosial Untuk Jaga Kebhinekaan

By / August 11, 2018 / /

IT CERMAT tak henti menyuarakan pentingnya perjuangan mempertahankan kebhinekaan di dunia digital. Pada Jumat (10/8), tim IT CERMAT yang dipimpin oleh Founder & CEO IT CERMAT Rahmawati dZaelani berpartisipasi dalam Forum Dialog yang digelar Kementerian Kominfo dan Komisi I DPR-RI di Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam Forum bertajuk “Merajut Kebhinekaan: Pelatihan dan Literasi Media Sosial” itu, Rahmawati berupaya memberikan pemahaman pada masyarakat bahwa media sosial bisa menjadi instrumen mempertahankan NKRI yang bhinneka.

Hal itu penting, sebab kelompok-kelompok yang anti Kebhinekaan dan menginginkan NKRI Pancasila runtuh pun kerap menggunakan media sosial sebagai wahana propaganda ideologi mereka.

“Kita harus menebar banyak konten yang mendukung tetap tegaknya NKRI Pancasila dari gangguan ideologi lain di media sosial,” ujar Rahmawati.

Dengan menebar banyak konten positif, lanjut Rahmawati, maka propaganda kelompok anti kebhinekaan di media sosial pun bisa dibendung. Jadi, menurut Rahmawati, media sosial harus dikuasai oleh kita yang setia pada Pancasila.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Bapak Andreas Hugo Pareira yang juga hadir dalam kesempatan tersebut pun mengatakan hal serupa. Menurutnya, berdasarkan laporan Hootsuite pada Januari 2018 ada  130 juta adalah pengguna media sosial yang aktif di Indonesia.

“Akan berbahaya apabila ratusan juta pengguna media sosial itu dibiarkan terracuni oleh ideologi yang anti Pancasila, maka kita tidak boleh diam,” katanya.

Dari pihak Kementerian Kominfo, hadir Sesdirjen IKP Kominfo Siti Meiningsih. Beliau juga menekankan pentingnya media sosial sebagai wahana penyebaran konten positif, termasuk terkait kebhinekaan.

Leave a reply