Salam CERMAT,

Tidak terlepas dari dunia teknologi, seiring perkembangan jaman yang kian terus berkembang dan semakin maju. Jika dulu kebanyakan orang membuat surat dengan kertas sekarang sudah tidak lagi, walaupun kita juga tidak bisa meninggalkan hal tersebut. Saat ini kebanyakan orang yang tinggal di jaman modern lebih sering menggunakan teknologi untuk kemudahan dalam hal bekerja, menulis surat, membuat cerita.

Di sini saya akan menjelaskan salah satu Aplikasi populer yang biasa digunakan oleh banyak orang, yaitu Microsoft Word 2013.

Apa itu Microsoft Word 2013 ?

Microsoft Office 2013 yang sebelumnya adalah Office 15 adalah versi terbaru dari produk Microsoft Office suite untuk Microsoft Windows dan penerus dari Microsoft Office 2010. Office 2013 menyertakan berkas diperpanjang dukungan format, user interface update, dan dukungan untuk sentuhan. Office 2013 cocok untuk sistem IA-32 dan x64 yang memerlukan Windows 7 , Windows Server 2008 R2 atau versi yang lebih baru dari itu. Office versi 2013 datang disertakan pada perangkat Windows RT. Microsoft Word 2013 ini juga salah satu aplikasi pengolah kata yang sangat populer.

A. Cara membuat File Baru, Menyimpan File dan Membuka File

1# Membuat File Baru

Buka aplikasi Microsoft Word 2013 kalian, jika menggunakan Windows 7 ikuti langkah berikut :

7

8

Setelah itu pilih aplikasi Microsoft Office 2013.

Untuk membuat file baru pada Microsoft Office 2013 sama dengan Microsoft Office versi sebelumnya akan tetapi tampilan dan beberapa fitur yang berbeda. Berikut cara membuat file baru pada Microsoft Office 2013 :

1

Atau bisa juga pilih template yang disediakan. Jika sudah memilih template maka akan masuk ke halaman kerja.

2# Menyimpan File

Pilih menu file yang ada dipojok kiri atas kalian atau bisa dengan cara menekan tombol shortcut ctrl + s, setelah itu akan muncul halaman seperti berikut.

2

Setelah melewati langkah tersebut, akan muncul kembali halaman seperti berikut.

3

Kalian bisa menentukan lokasi penyimpanan file yang telah kalian buat. Berikan nama pada file kalian, tentukan lokasinya dan klik Save.

3# Membuka File

Buka aplikasi Microsoft Word 2013, klik File lalu ikuti langkah seperti gambar dibawah ini.

4

Setelah itu akan muncul halaman seperti berikut.

5

Cari dimana lokasi file kalian atau kalian bisa membuka langsung file yang telah kalian buat.

B. Pengaturan Size dan Margin / Page Setup

1# Klik menu Page Layout.

6

2# Pilih menu Size.

6 - Copy

3# Maka akan tampil menu seperti ini.

7

 

4# Pilih ukuran yang sesuai. Jika ingin membuat ukuran sendiri maka klik “ More Paper Size” untuk menentukan margin, layout dan paper.

8

C. Pengaturan Jenis Huruf dan Ukuran Huruf, Line Spacing And Paragraph

1# Pengaturan Jenis Huruf dan Ukuran Huruf

a) Klik menu Home

9

b) Pilih font dan ukuran font yang diinginkan.

→ Jenis Font

10

→ Ukuran Font

11

 

2# Line Spacing and Paragraph

a) Klik menu Page Layout

6

b) Atur spasi dan paragraf pada sub menu paragraf

12

Atau jika ingin pengaturan lebih lanjut klik tanda panah kebawah pada menu paragraph.

12

Akan tampil halaman seperti berikut.

13

 

D. Bullets And Numbering

Bullets and numbering yaitu pemberian angka atau symbol pada awal kata. Hal ini biasanya digunakan pada penomoran huruf atau sub menu pada suatu artikel. Bullets adalah penanda yang berhubungan dengan symbol sedangkan numbering adalah penanda yang berhubungan dengan angka.

Contoh Bullets :

  • kita
  • bermanfaat
  • bagi
  • semua

Contoh Numbering :

  1. kita
  2. bermanfaat
  3. bagi
  4. semua

Cara membuatnya yaitu klik menu Home pilih submenu paragraph.

9

 

E. Insert Table

1# Klik menu Insert

1

Jika diklik maka akan muncul seperti in.

2

Buat table sesuai dengan banyak kolom dan baris dengan cara digambar satu persatu. Untuk lebih spesifikasi lagi yaitu klik Insert Table maka akan muncul menu seperti ini.

3

Disini kita mengatur jumlah kolom dan baris secara manual.

F. Symbol And Equation

1# Symbol

Bagi sebagian user, fitur yang berhubungan dengan symbol ini relative jarang digunakan. Seperti halnya equation symbol pun umumnya digunakan untuk penulisan – penulisan, rumus – rumus atau kode – kode kimia tertentu.  Beberapa versi sebelumnya Microsoft Word sudah menyertakan fitur symbol ini, hanya saja masih relative terbatas. Fitur symbol yang ada di Microsoft Word 2013 cukup canggih dan bervariasi dan tentu saja lebih lengkap.

4 - Copy

5

Bagaimanakah menggunakan Symbol dan menyisipkannya ke dalam dokumen yang sedang ditangani ? Sebagai gambaran, berikut diberikan langkah dalam menyisipkan Symbol ke dalam dokumen.

  1. Pastikan anda sudah menyiapkan dokumen yang berhubungan dengan rumus – rumus, seperti Alpha, Beta, Lamda dan sebagainya.
  2. Kemudian, letakkan kursor di lokasi yang akan disisipi dengan karakter khusus berupa symbol, lalu klik Insert, pilih symbol yang diinginkan.
  3. Klik Insert, lalu Close dan Symbol yang diingikan akan muncul.

2# Equation

Apakah fitur Equation secara otomatis ada di MS. Word 2013 ? Ya, setelah MS. Office 2013 diinstal maka fitur canggih ini secara otomatis ada di aplikasi tersebut. Fitur ini kurang begitu berguna apabila berdiri sendiri tanpa disertai keterangan yang berhubungan dengan rumus – rumus matematika.

Bagaimana cara menyisipkan Equation ke dalam dokumen anda ? Perhatikan langkah berikut !

  1. Pastikan anda sedang bekerja dengan Ms. Word 2013 terutama membuat dokumen yang berhubungan dengan matematika.
  2. Klik Insert, pilih Equation maka akan muncul.
  3. Pilih rumus yang akan digunakan.

4

6

G. Mencetak File

Setelah membuat dokumen, kita perlu mencetak hasil pekerjaan kita tersebut di kertas baik itu hanya sekedar draft atau rancangan maupun dokumen final yang sudah selesai. Perhatikan langkah berikut :

1# Klik menu file

7

2# Klik print, makan akan muncul seperti berikut :

8

Pada gambar di atas nampak pada item Print terdapat beberapa pengaturan sebelum mencetak dokumen, seperti pengaturan printer (jika ingin mengubah konfigurasi printer), setting halaman, serta print preview dari dokumen yang akan dicetak.

3#  Anda dapat menggunakan tombol CTRL+P, Enter untuk menampilkan item Print.

Oka, saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan kali ini. Silahkan tinggalkan balasan atau beri tanggapan jika ada yang ingin disampaikan.

Dan apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke keluarga, teman – teman Anda supaya banyak orang yang bisa memanfaatkan teknologi untuk kebaikannya. (D’)

Salam CERMAT,

Terimakasih

 

Bagikan :