Salam Cermat,

Jaman sekarang teknologi semakin canggih, tidak hanya berkembang tapi kini semakin maju. Ilmu pengetahuan serta keahlian pun tidak terlepas dari kemajuan teknologi. Di sini saya akan berbagi ilmu dengan kalian mengenai Laptop, Komponen serta Fungsi nya. Ya, saat ini semua memakai laptop, dari pekerja, mahasiswa, pelajar serta guru – guru. Tapi apakah kita semua tau komponen – komponen didalamnya ? Jenis – jenisnya serta fungsi yang tepat ?

Oleh karena itu, kita akan sama – sama kenalan dengan si laptop. Tunggu apa lagi langsung saja.

Apa itu Laptop ?

  1. Laptop adalah adalah jenis perangkat elektronik yang dibentuk atau dibuat dengan ukuran yang relatif kecil, ringan, portable dan fleksibel.
  2. Laptop memiliki berbagai jenis, seperti Notebook, Netbook, Ultrabook dan Tablet PC.

Apa itu Notebook ?

Notebook yaitu jenis komputer laptop yang memiliki ukuran 12″, 13.3″, 14″, 15″, 16″ dan pada umunya memiliki internal DVD.

Apa itu Netbook ?

Netbook adalah jenis perangkat komputer laptop yang memiliki ukuran dibawah 12″ umumnya untuk netbook tidak memiliki internal DVD langsung.

Apa itu Ultrabook ?

Jenis ini memiliki desain yang tipis / slim, lebih menghemat daya, umumnya Ultrabook didukung processor dengan teknologi terbaru seperti Intel Core i5 dan Intel Core i7.

Apa itu Tablet PC ?

Umumnya jenis ini memiliki panel / layar sentuh sehingga layar bisa kita putar dan digeser cukup dengan sentuhan jari kita dan mudah untuk dibawa kemana – mana, perangkat inilah sampai sekarang yang paling nge-trend karena digolongkan ke gadget / smartphone.

1
1# Apa Saja Komponen – Komponen Laptop ?

Motherboard atau papan induk, yaitu perangkat keras komputer yang paling utama, fungsinya sebagai pusat semua perangkat keras sehingga bisa saling terhubung dan membentuk sebuah komputer laptop.

2
Contoh Motherboard Laptop
2# LCD dan LED

LCD (Liquid Crystal Display) dan LED (Light Emitting Diode), yaitu layar tampilan utama yang berfungsi untuk menampilkan semua data atau informasi yang sesuai kita instruksikan, seperti hasil tulisan, video, gambar dan lain – lain.

4
Contoh LCD
3
Contoh LED
 

3# Keyboard Yaitu alat input komputer yang memiliki banyak tombol dan bermacam – macam huruf, fungsinya berbeda – beda tergantung penekanan tombol dan dapat menghasilkan proses sesuai  kemauan kita.

5
Contoh Keyboard
4# SODIMM atau Memori Laptop

a) SODIMM adalah Small Outline Dual In-Line Memory Module, untuk laptop umunya memiliki bentuk dan ukuran yang kecil, fungsinya sebagai penyimpan data sementara ketika laptop keadaan hidup, ketika laptop mati maka data yang ada dimemori akan hilang secara otomatis.

b) Umumnya memori laptop yang kita kenal ada beberapa macam seperti SODIMM DDR, DDR2, DDR3.

c) Perbedaan DDR (Double Data Rate)

6
SODIMM
Contoh SODIMM untuk Laptop

7

 

5# Hardisk Drive (HDD) Solid State Drive (SSD)

a) Hardisk Drive (HDD), jenis perangkat keras yang berfungsi menyimpan data secara permanen, umumnya yang kita kenal ada 2 macam yaitu SATA dan ATA (IDE).

8
Contoh Hardisk
b) Solid State Drive (SSD), perangkat penyimpanan data terbaru setelah hardisk dan fungsi sama seperti hardisk pada umumnya, perbedaan untuk SSD letak penyimpanan data berada di chip atau flash memory dan kecepatan lebih tinggi dari Hardisk

9
Contoh SSD
6# Optical Drive / DVD, WIFI dan Kabel Fleksibel Laptop

a) Optical Drive / DVD, jenis perangkat yang berfungsi menyimpan dan membaca data media melalui kepingan CD, cara kerjanya yaitu menggunakan teknologi optic yang berada didalam DVD.

10
b) WIFI (Wireless Fidelity), perangkat penghantar media tanpa kabel yang berfungsi untuk komunikasi atau mentransfer data.

s-l300
c) Kabel Fleksibel / LVDS (Low Voltage Differential Signalling), perangkat  utama yang menghubungkan dari motherboard ke LCD / LED sehingga dapat menghasilkan tampilan di LED / LCD.

12
 

7# Ciri – ciri kerusakan Laptop dan Solusinya

Umumnya kerusakan pada Laptop itu bermacan – macam dan sangat bervariasi, dibawah ini beberapa kerusakan laptop secara umum yang sering kita hadapi :

a) Laptop mati total

b) Laptop nyala tapi tidak tampil / blank

c) Laptop drop

d) Laptop nyala tapi tampilan layar redup

e) Laptop bluescreen

 

Laptop Mati Total ?

Yaitu, ketika laptop dicolok adaptor tidak ada indikator nyala atau pasang battery kemudia ditekan tombol on tidak ada respon / tanda – tanda kehidupan.

  1. Siapkan beberapa obeng yang diperlukan, multimeter, pinset dan kuas yang halus.
  2. Cek tegangan pada adaptor laptop Anda dengan multimeter apakah tegangan 19v atau tidak.
  3. Cek laptop Anda dengan adaptor lain yang memiliki tegangan dan ukuran yang sama, jika masih tidak ada kehidupan maka langkah selanjutnya adalah,
  4. Bongkar total laptop Anda dan keluarkan motherboard dari casing laptop Anda,
  5. Selanjutnya cek tegangan yang ada di motherboard

13
Contoh alat – alatnya
 

Berikut ini contoh cara mengatur multimeter dan mengukur tegangan adaptor :

Atur selektor pada posisi DCV, pilih skala batas ukur tegangan yang ada di adaptor, jika adaptor 19v maka batas skala ada di 20v. Tempelkan probe hitam diluar dan probe merah masukkan kedalam lubang charger adaptor, probe warna merah pada posisi (+) hitam pada titik (-) tidak boleh terbalik. Perhatikan gambar dibawah ini :

14
Contoh cek tegangan yang ada di motherboard 19v :

Selektor berada pada batas 20v, tempelkan probe warna hitam dititik / tempat  baut, sedangkan probe warna merah tempelkan pada IC power, yang dimaksud IC power adalah komponen yang pertama dan utama yang menerima tegangan 19v. Lihat gambar dibawah ini :

15
Contoh beberapa IC (Integrated Circuit) di motherboard Laptop :

16
Contoh mengukur tegangan 5v dan 3v :

Selektor berada pada batas 20v, tempelkan probe warna hitam dititk / tempat baut sedangkan probe warna merah tempelkan pada IC, biasanya secara umum kode IC tersebut tertulis angka muatan 6.3v. Lihat gambar dibawah ini :

17
Reset Battery CMOS :

Apa itu CMOS ? Yaitu Complementary Metal Oxcide Semiconductor adalah sebuah bateri kecil yang dipasang di setiap motherboard, memiliki fungsi yang sangat penting seperti pengaturan waktu dan tanggal, menambahkan daya, mereset bios. Reset battery CMOS biasanya dapat memperbaiki laptop yang mati tergantung dari kondisi rusaknya, caranya bongkar total laptop Anda dan cari lokasi CMOS yang terpasang di motherboard dan lepas battery CMOS nya. Lihat gambar dibawah ini :

18    19
Cek Port Charger

Lakukan cek fisik motherboard secara keseluruhan, terutama pada DC Jack Port Charger jika laptop mati total. Lihat gambar dibawah ini :

20   21
Contoh motherboard laptop beserta tegangan pada IC :

22
Cek IC BIOS (Basic Input Output System)

Apa itu BIOS ? Bagaimana cara mengetahui dan dimana letak BIOS itu jika kita tidak tahu ? BIOS adalah sebuah IC yang terpenting, agar IC yang lain mempunyai tegangan tertentu dan sekaligus syarat laptop untuk dapat hidup karena IC BIOS salah satu IC yang berisi sistem dasar. Secara umum letak BIOS sangat berbeda dari IC lain, karena telah diberi tanda dan sedikit besar dari IC yang lain.

23
Layak atau tidak layakkah motherboard laptop Anda diperbaiki :

Perhatikan terlebih dahulu fisik motherboard Anda sebelum di servis, hati – hati dalam pembongkaran laptop Anda, jika laptop Anda tidak layak lagi di servis maka sebaiknya ganti motherboard baru. Contoh motherboard yang tidak layak di servis karena jalur yang hangus parah, lihat gambar dibawah ini :

24

Oka, saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan kali ini. Silahkan tinggalkan balasan atau beri tanggapan jika ada yang ingin disampaikan.

Dan apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke keluarga, teman – teman Anda supaya banyak orang yang bisa memanfaatkan teknologi untuk kebaikannya. (D’)

Salam CERMAT,

Terimakasih

Bagikan :