Phablet Akan Kalahkan Smartphone Di Masa Depan

Di masa depan, diperkirakan Phone tablet atau kerap disingkat phablet, akan tumbuh pesat dan mengalahkan smartphone layar kecil. Firma penelitian IDC mengungkapkan hasil penelitian mereka tentang dominasi smartphone dengan ukuran layar antara 5,5 hingga 7 inci tersebut.

Peredaran smartphone akan bertumbuh, dari 1,5 miliar unit pada 2017 menjadi 1,7 miliar unit pada 2021 mendatang. Angka itu menunjukkan peningkatan sekitar 3 persen.

Dan untuk phablet sendiri pertumbuhannya diprediksi meningkat dari 611 juta unit menjadi 1 miliar unit per 2021 nanti. Sedangkan Smartphone berlayar kecil diprediksi akan menyusut populasinya, menjadi hanya 7,4 persen sekitar empat tahun mendatang.

Android pun diperkirakan menjadi penopang tren phablet. Sebab di masa kini Samsung telah mendominasi kategori phablet dengan lini Galaxy Note.

Dan China akan menjadi negara dengan pengguna phablet terbanyak. China ‘melahap’ 50 persen dari peredaran phablet yang beredar sepanjang 2016, yakni sebanyak 437,4 juta unit.

“Pada 2012 lalu, phablet hanya menyumbang 1 persen atas penjualan smartphone secara keseluruhan. Sekarang hampir 50 persen dari smartphone yang beredar berjenis phablet,” kata Program Vice President IDC, Ryan Reith.

Menurut Reith, transisi ke bezel-less berkontribusi terhadap tren layar besar saat ini. Masyarakat kini semakin membutuhkan hiburan video, game, dan penjajalan media sosial yang menuntut tampilan layar besar.

Penjualan Phablet pun berkontribusi besar bagi Apple. Untuk tahun 2017, IDC memandang seri phablet iPhone Plus dan X akan berkontribusi pada 41 persen penjualan perangkat mobile Apple. Di tahun depan persentasenya bisa meningkat menjadi 50 persen atau lebih.

Bagikan :

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *